Sabtu, 26 Januari 2013

Manajemen Lembaga Pondok Pesantren Riyadlush Sholawat

MANAJEMEN
LEMBAGA PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN
RIYADLUSH SHOLAWAT
SMP PLUS MA’ARIF NU CIPAKU
Peran pesantren telah lama diakui oleh masyarakat .Demikian halnya dengan madrasah dan sekolah islam misalnya tentang peradaban .Kepiawaian pesantren dalam mempormulasikan pemahaman dan pemikirannya sehingga melahirkan kultur yang mengadabkan manusia adalah potensi riil pesantren . Di era global kepiawaian ,kultur dan peran strategis itu harus menjadi lebih dimunculkan ,atau dituntut untuk dilahirkan kembali.
Pesantren mempunyai reputasi tersendiri sebagai lembaga yang bercirikan agama islam . pertama ,sebagai lembaa pendidikan .kedua, sebagai lembaga social kemasyarakatan .sebagai lembaga pendidikan pondok pesantren ,madrasah dan sekolah islam umumnya  menyelenggarakan pendidikan. Bahkan karena memiliki cirri khusus yang membedakannya dengan penyelenggaraan pendidikan lain. Sebagai lembaga social kemasyarakatan dibuktikan dengan diharapkannya kehadiran pesantren dalam masyarakat.
Upaya mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tanggung jawab sendiri.untuk itu harus ada wadah pendidikan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.begitu pula dalam kehidupan beragama ,perlu adanya wadah pendidikan guna memperkokoh kualitas ilmu dan amal,menuju persatuan dan kesatuan bangsa yang berkualitas daan kompetitif sehingga tercipta sebuah tatanan masyarakat yang beriman dan bertaqwa.
Dengan semakin pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, agar tumbuh dan berkembang dengan baik maka harus ditunjang dengan pendidikan yang dapat menyeimbangkan imtak dan iptek baik secara pribadi maupu dalam konteks sosisl kemasyarakatan.
 Pondok Pesantren Riyadlush Sholawat berawal dari sebuah jama’ah majelis dzikir sholawat yang dimulai tahun 2005 M.Seiring dengan berjalannya waktu dan hadirnya para santri untuk belajar maka dikembangkanlah menjadi sebuah lembaga pendidikan yang diberi nama Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Riyadlush Sholawat dengan akta notaris Nevie Alifah Assegaf ,SH  No. 28 Tanggal 19 November  2008 dan terdaftar di Kementrian Agama Kabupaten Ciamis  dengan SK No. Kd. 10.07/2/PP.00.7/1/113/2011  ,  NSP  : 510332070679  dan ditunjuk menjadi badan pelaksana Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Ciamis melalui SK No. 12/LPM/A.II/SK/I/2009  untuk menyelenggarakan pendidikan formal SMP Plus Ma’arif NU Cipaku dengan izin operasional Nomor  :  421.2/5815-Disdik/2009,  NPSN  :20263195 dengan status “DIAKUI “  dan SMK NU Riyadlush Sholawat (dalam rintisan).



Pendidikan dilaksanakan dengan system terpadu antara pendidikan formal (SMP)dengan pendidikan salafiah (Ponpes)Program tersebut dimaksudkan agar tercipta suatu jenjang pendidikan yang berkesinambungan .
Adapun alamat lengkap Lembaga Pendidikan Pondok Pesatren Riyadlush Sholawat adalah
  Alamat  :  Dusun Bangbayang Hilir RT 02/RW 05 Desa Cieurih
       Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis  46252
Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren  Riyadlush Sholawat dibangun dengan mengarah kepada pewujudan lembaga pendidikan modern ‘transpormatif-informatik berbasis teknologi modern .Lembaga pendidikan yang ditegak kan dalam ruang waktu kekinian ,berdimensi spiritual dalam mata batin ,dan mampu menjalankan fungsi sebagai pioneer perubahan yang konskruktif dalam mengemban nilai-nilai luhur agama dan kemanusiaan sesuai bekal keahliannya.dengan landasan visi bahwa perkembangan dan tantangan masa depan seperti : perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ;globalisasi yang sangat cepat ;era informasi ;dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu lembaga untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu.   
Setiap Lembaga/Pondok Pesantren pasti mempunyai visi dan misi dengan maksud agar mempunyai tujuan  kemana pengajaran tersebut akan terarah ,adapun visi dan misi dari Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Ini adalah :
VISI:
v  Membentuk insan berakhlak mulia ,unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (insan ulul albab) untuk mewujudkan visi tersebut, lembag menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam misi berikut
MISI:
v Meningkatkan pengetahuan dan pengamalan ajaran islam Ahlussunah Waljama’ah.
v  Mengembangkan pemahaman dan pengamalan ajaran salafi
v  Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dan melengkapi sarana dan prasana pendidikan
v  Mencetak insan yang handal dalam teknologi
v  Meningkatkan dan mengembangkan pemahaman ,pengajaran dan pengamalan ajaran islam yang modern(tawwasuth),toleran(tasamuh & tawazun ) ditengah kehidupan masyarakat
v  Meningkatkan hubungan kerjasama dengan stake holder pendidikan  
                         terutama dalam lingkungan masyarakat pendidikan .
Sasaran calon siswa/siswi dan santriah adalah warga Negara Indonesia terutama lulusan Sekolah Dasar(SD)dan Madasah Ibtidaiyah(MI) yang bermaksud melanjutkan sekolah dengan system pendidikan yang di asramakan (boarding school).lebih khususnya ,secara teknis di lapangan ,kami merakrut putera – puteri kader Nahdatul Ulama di daerah,desa sampai di pelosok –pelosok kampong, yang secara ekonomi kurang mampu,tetapi memiliki potensi prestasi yang maju.
Lembaga Pendidikan  pondok pesantren Riyadlush Sholawat , menyeimbangkan antara pendidikan formal dan non formal .Selain menitik beratkan kepada pendidikan formaldan kepesantrenan Lembaga Pendidikan  pondok pesantren Riyadlush Sholawat juga memperhatikan keahlian siswa dalam bidang non formal seperrti :
ü  Pramuka
ü  Bela DIri(Pagar Nusa )
ü  Pertanian
ü  Menjahit
ü  IPNU
ü  Paskibra
ü  Komputer
ü  Qiroatil Qur’an
ü  IPPNU
ü  CBP ( Corp Brigade Pembangunan)

SMP Plus Ma’arif NU Cipaku menggunakan kurikulum nasional secara utuh .Sedangkan kepesantrenan yang diselenggarakan ,yaitu:
ü  Tahpidz Al-Qur’an
ü  Nahwu Shorof
ü  Fiqih
ü  Tauhid
ü  Akhlak
ü  Ulumul Qur’an wal Hadits
ü  Qowaidul Fiqih
ü  Tarikh Islam
ü  Keterampilan Agama
ü  Ahlusunnah Waljama’ah
Selama masa pendidikan seluruh siswa/siswi SMP Plus Ma’arif NU Cipaku menempati asrama Pondok Pesantren Riyadlush Sholawat .Di asrama ini para siswa / siswi menjalani penempaan kepribadian dan keagamaan yang mendukung kemajuan pendidikannya . Kegiatan di asrama meliputi:
ü  Tahsi Al-Qur’an
ü  Tahpidz Al-Qur’an
ü  Pengajian Kitab Kuning
ü  Khitobah(Pidato)
ü  Majelis Dzikir
ü  Majelis Berjanji
ü  Bahsul Masail
ü  Ziarah Maqbarah
ü  Semaan Al-Qur’an
ü  Manaqib


 Kegiatan pendidikan dan pembelajaran dilingkungan pondok pesantren Riyadlush Sholawat dan SMP Plus Ma’arif NU Cipaku diasuh oleh:
I.                   Pimpinan Pesantren        :  Ust.Nana Kusdiana Najmudin
II.                Dewan Pengasuh    
Ketua                                : Ust.Nana Kusdiana Najmudin
Sekretaris                          :  Ust.Didi Supriadi
Bendahara                         :  Usth. Susilawati
Anggota                            :  Ust.Solihin
                                             Ust.Mamat Rohimat
                                             Usth.Tini Wartini
                                             Usth. Rohayati Siti Nurhalimah
                                             Usth. Yati Alawiyah
       III.PIMPINAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Ø  Kepala Madrasah Diniyah                              : Usth. Susilawati
Ø  Kepala SMP Plus Ma’arif NU Cipaku            :  Hari Kurniawan ,SH
Ø  Kepala Program Tahpidz Al-Qur’an               :  Ust. Solihin
III.             TENAGA PENDIDIK SMP PLUS MA’ARIF NU CIPAKU
  1. Ust.Nana Kusdiana Najmudin ( Pengasuh Pesantren )
  2. Hari Kurniawan,SH
  3. Rohman ,S.Pd.I
  4. Cicih Cintarsih,S.Pd
  5. Eros Rosmiati,SP
  6. Imas Masriyah, S.Pd
  7. Elik Fatmawati,S.Pd
  8. Rini Dinarwati,S.Pd
  9. Eep Saepulloh Maftuh,S.Pd.I
  10. Irmansyah,S.Pd
  11. Desri Suprihatin,S.Pd
  12. Siti Hasanah,S.Pd
  13. Yanti Srijayanti,S.Pd
V.TENAGA KEPENDIDIKAN
1. Susilawati
2.Siti Hasanah
3. Haman Ramdani
Program jangka panjang dari Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Riyadlush Sholawat  adlah selain selain pemahaman kitab-kitab kuning dan bacaan Al-Qur’an secara benar,disamping itu para santri dibekali pendidikan formal ,keterampilan sebagai pengembangan diri ,yakni bidang pertanian ,peikanan ,tata busana,dan tat arias serta kerajinan cendera mata.



Pola pembelajaran di SMP Plus Ma’arif NU  ini ,didasarkan kepada system pengasramaan siswa dengan pola pendidikan berdasarkan perangkat metodologis alternatif terpadu antara system pendidikan modern dan tradisional (pondok pesantren)yang menunjang kepada keberhasilan pendidikan pencapaian keseimbangan kecerdasan intelektual,emosional dan spiritual siswa.kurikulum yang berlaku di SMP ini adalah kurikulum nasional dipadukan dengan kurikulum khusus Lembaga.dengan perincian sebagai berikut:
  1. KLASIFIKASI MATA PELAJARAN
Berdasarkan kepaduan kurikulum,mata peljaran dikelompokan ke dalam :
a)      Mata pelajaran umum beracuan kurikulum nasional SMP
b)      Mata pelajaran khusus lembaga terintegrasi ,dan
c)       Mata pelajaran khusus lembaga tidak terintegrasi
Mata pelajaran umum berdasarkan kurikulum nasional merupakan sejumlah mata pelajaran yang disajikan yang dikurikulumkan kepada kurikulum nasional dalam waktu persekolahan resmi dengan alokasi waktu ditentukan mata pelajarn ini terdiri dari mata pelajaran Agama,Bahasa,Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu,Matematika,Ilmu Pengetahuan alam Terpadu,Muatan local (B.Sunda,seni kebudayaan dll)
Mata pelajaran khusus lembaga,merupakan sejumlah mata pelajaran yang secara khusus disajikan oleh lembaga yang diintegrasikan kedalam waktu persekolahan resmi dan luar waktu resmi ,mata pelajaran ini terdiri atas mata pelajaran Agama(Keaswajaan,Aqidah,Tashawuf,Tahpidz Al-Qur’an,dan Seni Qiro’at Al-Qur’an),Bahasa(Arab)
  1. WAKTU BELAJAR MENGAJAR
 Waktu belajar mengajar diklasifikasikan dalam
a)      Waktu resmi persekolahan yang berlangsung antara jam 07.30 s.d 13.30 bagi penyajian mata pelajaran umum beracu pada kurikulum nasional dan mata pelajaran khusus lembaga yang terdiri atas: Keaswajaan,Aqidah,Tashawuf,Syari’ah,Nahwu,dan Ilmu A-l Qur’an
b)      Luar waktu resmi persekolahan yang berlangsung antara jam 18.30 s.d 20.30 bagi penyajian mata pelajaran Tahpidz Al-Qur’an dan Seni Qira’at Al Qur’an..

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar